Sabtu, 27 Maret 2021

PERANCANGAN SISTEM-2

 Oke gaes, penjelasan kali ini masih berlanjut dari penjelasan materi sebelumnya tentang perancangan sistem. Langsung aja ya. Cekidot!


Perancangan Sistem 

    Seperti yang dijelaskan pada blog sebelumnya, tahap perancangan sistem dilakukan setelah tahap analisis sistem. Hal yang membedakan adalah pada tahap analisis menjawab pertanyaan "WHAT" atau apa saja yang diperlukan, sedangkan pada tahap perancangan sistem ini menjawab pertanyaan "HOW" atau bagaimana membuatnya agar menarik dan sesuai dengan yang diinginkan.

    Perancangan sistem diperlukan agar pengembangan suatu sistem dapat dilakukan SESUAI dengan visi, misi, tujuan, dan sasaran dari organisasi. 


Bagaimana sistem yang ideal? 

Perancangan sistem yang ideal harus memiliki tujuan dan sasaran yang benar. Berikut tujuan dan sasaran tersebut.

TUJUAN
  1. Memenuhi kebutuhan user.
  2. Memberikan kejelasan dari rancang bangun yang lengkap kepada pemrogram komputer (programmer).
SASARAN
  1. Desain sistem harus berguna, mudah dipahami, dan mudah digunakan.
  2. Desain sistem harus dapat mendukung tujuan utama perusahaan.
  3. Desain sistem harus efisien dan efektif untuk mendukung pengolahan transaksi, pelaporan manajemen dan mendukung keputusan yang akan dilakukan oleh manajemen.
  4. Desain sistem harus dapat mempersiapkan proses implementasi yang terinci (data dan informasi, simpanan data, metode-metode, prosedur-prosedur, hardware, software, dan pengendalian intern).

Output Perancangan Sistem

Berbasis komputer berupa:
1. turn-key system : sistem siap pakai melalui cara membeli sistem yang sudah jadi.
2. customized system : membeli sistem dengan banyak penyesuaian 
3. in-house system : membuat sistem sendiri (in-house artinya di dalam rumah/pribadi)

Output desain/perancangan sistem hasil in-house development:

  1. Desain proses
  2. Desain basis data
  3. Desain input
  4. Desain output
  5. Desain antarmuka dengan pemakai/user
  6. Desain kontrol
  7. Desain jaringan komputer

Perancangan Proses

Tujuan : 
  1. Untuk menjaga agar proses data lancar dan teratur sehingga menghasilkan informasi yang benar.
  2. Untuk mengawasi proses dari sistem.
Dapat digambarkan/diilustrasikan dengan :
1. Sistem Flowchart 
2. DFD (Data Flow Diagram)


Perancangan Basis Data

Perancangan basis data adalah proses yang menentukan isi dan pengaturan data yang dibutuhkan untuk mendukung berbagai rancangan sistem.

Tujuannya : 
  • memenuhi informasi yang berisikan kebutuhan-kebutuhan user secara khusus dan aplikasi-aplikasinya.
  • memudahkan pengertian struktur informasi.
  • mendukung kebutuhan-kebutuhan pemrosesan dan beberapa objek penampian (respon time, processing time, dan storage space).
Perancangan sistem basis data terjadi pada dua tingkat, yaitu:
  1. Tingkat pertama, perencanaan sistem, analisis, dan perancangan untuk menetapkan kebutuhan pemakai. Melibatkan tahap front-end dan DBMS (Database Management System).
  2. Tingkat kedua, rancangan umum seperti diagram entitas relasi tingkat tinggi, ditransformasikan ke dalam perancangan database rinci untuk sebuah DBMS tertentu yang akan digunakan untuk mengimplementasikan sistem total.
Tipe file dalam lingkungan sistem informasi : File Master, File Kerja, File Transaksi, File Sejarah, File Laporan, File Backup.

  • Akses file adalah suatu metode bagaimana programmer membaca record-record dari suatu file. File dapat diakses secara urut (sequential access) atau langsung (direct access/random access). 
  • Organisasi file adalah pengaturan dari record secara logika di dalam file dihubungkan dengan satu dengan lainnya.

Terdapat 3 model database yang cukup dikenal yaitu:
  1. Model Hierarkikal
  2. Model Jaringan
  3. Model Relasional

Perancangan Kontrol Sistem

Tujuan : mencegah kesalahan, kerusakan, serta kegagalan proses sistem.

Ancaman sistem dapat berupa :

  1. Kesalahan manusia 
  2. Perangkat lunak yang bersifat merusak/menipu
  3. Penyadapan
  4. Pengaksesan yang tidak sah
  5. Perubahan/kehilangan database
  6. Kegagalan landasan teknologi

Jenis kontrol :
  1. Pencegahan
  2. Pendeteksian
  3. Pengkoreksian

Perancangan Jaringan

Bagaiman tahapannya?
  1. Membuat segmen bidang usaha
  2. Membuat sebuah model LAN
  3. Mengevaluasi LAN untuk menentukan apakah mereka cocok untuk tiap segmen diseluruh usaha
  4. Interkoneksi segmen-segmen jaringan
Contoh topologi jaringan : Bus, Star, dan Ring.

Ring


Bus



Star


Perancangan Antarmuka

Tipe pemakai kita bedakan menjadi 2 yaitu AHLI dan PEMULA.

Jika kita asumsikan pemakai adalah pemula, desain yang perlu diperhatikan adalah: 
  • faktor pemakai
  • fakto human engineering
  • dialog dan istilah
Masalah yang biasa muncul dalam desain antarmuka yaitu:
  1. Penggunaan singkatan komputer yang berlebihan
  2. Desain yang tidak jelas
  3. Pemakai tidak bisa membedakan alternatif yang hampir mirip
  4. Pendekatan problem-solving yang tidak konsisten
  5. Desain yang tidak konsisten
Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memahami masalah di atas:
  1. Pahami user dan tugas mereka
  2. Libatkan user dalam desain antarmuka
  3. Uji sistem dengan melibatkan user
  4. Lakukan proses desain secara iteratif

Proses Perancangan Antarmuka secara umum 
  1. Membuat bagan dialog antarmuka.
  2. Membuat prototype dialog dan antarmuka.
  3. Mencari feedback dari user.
  4. Jika diperlukan, maka dapat diulangi tahap 1 dan 2.


Mengenal Stakeholder

Apa itu stakeholder? Stakeholder dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai pemangku kepentingan. 

Stakeholder adalah individu atau kelompok yang berkepentingan dalam suatu permasalahan yang sedang diangkat.

Terdapat 7 stakeholder pada pengembangan Sistem Informasi yakni :
  1. System Analyst (Analis Sistem)
  2. System Owners (Pemilik Sistem)
  3. System Users (Pengguna Sistem)
  4. System Designers (Perancang Sistem)
  5. System Builders (Pembangun Sistem)
  6. Information Technology Vendors (Penyedia TI)
  7. Information Technology Consultant (Konsultan IT)



Oke gaes. Sampai disini dulu pemaparan dari gue. Sampai jumpa di next blog :)

"Bukan ilmu yang butuh kamu. Tapi kamu yang butuh ilmu. Maka dari itu, kamu harus aktif mencarinya dan terus menggalinya."

~Penulis~


Sumber :

http://muzamah.blogspot.com/2018/04/analisis-perancangan-sistem-flowchart.html

http://terrymbienugraha.blogspot.com/2013/04/perancangan-basis-data.html

https://salamadian.com/topologi-jaringan-komputer/

https://kumparan.com/berita-update/macam-macam-topologi-jaringan-1vI4BRo5jfZ/full

https://accounting.binus.ac.id/2019/05/14/memahami-konsep-pemangku-kepentingan-stakeholder-dalam-perusahaan/

Perwitasari, Anggi. (2021). Minggu 6, Perancangan Sistem-2[Presentasi PowerPoint]. Materi Daring Perkuliahan Analisis dan Perancangan Sistem Minggu ke-6, Universitas Tanjungpura. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERANCANGAN SISTEM-2

 Oke gaes, penjelasan kali ini masih berlanjut dari penjelasan materi sebelumnya tentang perancangan sistem. Langsung aja ya. Cekidot! Peran...